Wednesday, March 7, 2012

PEMANFAATAN FACEBOOK SEBAGAI INOVASI BELAJAR

A.      PENDAHULUAN

I.                    Latar Belakang

Dengan perkembangan teknologi semakin canggih, dan bisa dikatakan teknologi kini menjadi kebutuhan mayoritas orang dan menjadi pressure peer juga untuk mendorong kita untuk menyesuaikan diri pada isu ini.
Banyak social media saat ini seperti facebook, twitter, skype, yahoo messenger, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dari sekian banyak social media Facebook merupakan salah satu social media seribu umat atau penggunanya paling besar, dan  Indonesia merupakan salah satu Negara pengguna facebook terbanyak di dunia. Ada efek positif dan negatifnya pasti,  positifnya orang-orang sekarang lebih melek media, dan keingintahuan mereka lebih tinggi dan negatifnya pemakaian internet dan social media hanya untuk amusement saja.
Untuk memanfaatkan peluang facebook yang sangat potensial untuk dimanfaatkan untuk beragam keperluan seperti bertukar foto, bertemu lagi dengan teman lama, bisinis online dan bahkan facebook bisa menjadi saranan untuk saling belajar, berdiskusi, sarana bertukan pendapat  mengenai berbagai hal. Tentunya ini menjadi salah satu inovasi baru untuk memanfaatkan social media yang ada seperti facebook sebagai sarana untuk belajar atau menjadi sebuah forum seperti di kelas.  

II.                  Masalah
Maka dari itu saya akan meneliti mengenai apakah Forum mata kuliah DIP di facebook merupakan suatu inovasi dalam belajar? Dan apa yang menjadi alasannya?

III.                Tujuan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapat para responden apakah grup DIP di facebook merupakan inovasi dalam belajar.

IV.                Manfaat
Adapun penelitian ini bermanfaat sebagai alat evaluasi untuk mengatahui sejauh mana pemanfaatan facebook kelebihan dan kekurangannya.

V.                  Metode pengumpulan data dan Responden
Metode yang digunakan pada saat pengumpulan data adalah metode survey yaitu dengan melihat keaktifan responden didalam forum, dan melihat jawaban para responden berapa orang menjawab Yes, No dan Yes& No serta melihat alasan jawaban mereka. Dan Respondennya adalah semua mahasiswa yang mengikuti kuliah DIP Non Reguler Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta dengan dosen pengampu Bapak Prof. Dr. BP Sitepu dan ibu Retno widyaningrum, S.Ikom., M.M.  .

B.      HASIL SURVEY

Berikut adalah hasil survey dari jawaban para mahasiswa di grup fb DIP NR dengan jumlah mahasiswa 36.

Dari 38 mahasiswa ternyata hanya 32 orang yang aktif mengikuti diskusi

                                       dan ini persentasenya

Ada 30 orang menjawab YES, 0 untuk yang menjawab NO, 2 orang yang menjawab YES&NO yang 6 orang lagi tidak mengikuti forum. Dan dari semua jawaban telah di data mayoritas alasan dari jawaban mereka, dan dibawah ini adalah hasil survey alasan mereka dengan jawabannya



C.      PEMBAHASAN
Dari data yang saya dapatkan ternyata 30 orang menjawab yes dan 2 orang yang menjawan no. Alasan mereka menjawan rata-rata ada 4 alasan mengapa mereka mengatakan bahwa forum diskusi di FB ini merupakan sebuah inovasi, ada 15 orang yang mengatakan bahwa forum ini sebuah inovasi yang berdasarkan teori Reigeluth, 20 orang mengatakan menggunakan media fb yang bagi mereka merupakan hal yang baru karena sebelumnya tidak ada grup diskusi mata kuliah menggnakan fb dan memotivasi mereka, 9 orang berdasarkan teori Rogers, dan 3 orang menyatakan bahwa forum yang ada di fb ini merupakan forum yang beda dari yang lain.
Sedangkan yang menjawab yes dan no memiliki alasan menjawab no karena bagi salah satu responden ada forum di fb bukan hal yang baru lagi karena ia pernah merasakannya sebelumnya dan menjawab yes karena kalau dibandingkan dengan dosen lainnya forum ini merupakan inovasi karena dosen yang lain biasanya menggunakan web sendiri sedangkan mata kuliah DIP ini memanfaatkan social media yang sudah ada dan lebih simple. Satu responden lagi menjawab yes karena hampir sama forum ini merupakan inovasi baru karena hanya dosen MK DIP yang menggunakan facebook dan menjawab No karena pemahamannya terhadap teori dari Reigeluth ia berpikir kalo dalam teori reigeluth itu harus ada perencanaan sebelumnya dari membuat medianya sedangkan sekarang ini hanya pemafaatan media yang sudah ada.
Lalu apasih Inovasi sebenarnya? Perubahan atau Inovasi itu sendiri adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai salah satu hal yang dianggap baru oleh seseorang, kelompok atau masyarakat, baik itu berupa penemuan atau pembaruan. Tujuan inovasi menurut saya juga intinya yaitu berubah kearah yang positif atau lebih baik.
Pengertian Inovasi menurut E.Rogers Inovasi adalah suatu gagasan, praktek, atau obyek yang dianggap baru oleh individu atau unit adopsi. Tidak penting, perilaku manusia sejauh yang bersangkutan, apakah ide adalah "obyektif" baru yang diukur dengan selang waktu sejak penggunaan pertama atau penemuan. Kebaruan yang dirasakan dari ide bagi individu menentukan reaksi nya untuk itu. Jika ide tampaknya baru untuk individu, adalah inovasi. (M. Rogers, 1983:11).

D.      KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan:
Bagaimana dengan pendapat para responden? Bila berdasarkan kepada pengertian Inovasi diatas YES memang grup ini bisa dikatakan inovasi karena ini menjadi hal yang baru yang mereka rasakan meskipun facebook bukan media sosial yang baru tetapi  facebook menjadi inovasi karena facebook dimanfaatkan sebagai media belajar, media berdiskusi bagi yang memang belum pernah merasakannya dengan kata lain yaitu inovasi discovery. Pasti dosen menggunakan fb sebagai media untuk berdiskusi ini pun memiliki tujuan untuk mahasiswanya belajar lebih baik dan rajin. Seperti yang dikatakan E. Roger jika ide itu dianggap baru oleh individu maka bisa dikatakan inovasi.
               
Saran:
      Karena tidak semua mahasiswa dapat mengakses facebook ini tiap hari dan ada kesibukan sendiri menurut saya tidak ada salahnya jika bila ada tugas ada jadwalnya sendiri dan adanya batas waktu untuk merespon pertanyaan dari Prof Sitepu ataupun dari Ibu Retno, dan menurut saya kurangnya feedback dalam diskusi ini alangkah baiknya jika dosen pengampu dapat mengclearkan respon-respon dari mahasiswa atau adanya evaluasi, serta baik juga apabila diskusi ini sebagai wadah untuk berbagi sumber belajar ataupun link-link yang berhubungan dengan difusi inovasi pendidikan agar tidak adanya mahasiswa yang bingung.


E.      SUMBER
Rogers, E. M. (1983). Diffusion of Innovation. New york : the free press





No comments:

Post a Comment